Awal Mula Sebuah Nama

Kalo dipikir pikir, banyak banget pilihan nama yang bisa kita kasih keanak, mulai dari nama modern hingga jadul, tapi balik lagi nih pasti orang tua tetep milihin nama buat anaknya tu nama yang keren. dan pastinya nama adalah doa, doa orang tua untuk anaknya agar kelak suskses seperti nama yang dikasih ortunya, agar pas orang lain denger nama itu langsung terasa karisma yang sangat menggebu gebu. Namun setelah ku pikir pikir, hal itu kurang berlaku buat ku.

Ya, nama ku adalah Dadang Ari Prabowo, sebuah nama yang mungkin sudah hampir punah di awal abad ke 21 ini, dan tentunya sudah menjadi bahan olok olok an orang yang nggak tahu kalo nama ini masih ada, suatu nama yang menggelikan tentunya. Berawal mula dari kelahiran ku pada tahun 1994, mungkin orang tua ku sudah kehabisan akal dan tak memiliki pilihan lain saat memberi nama, atau mungkin saat itu orang tua ku sedang di ancam orang lain agar memberikan ku nama seperti itu. Konon katanya pas aku lahir, ada burung kepodang lewat. Alhasil aku diberi nama Dadang. Sungguh inspirasi yang sangat menyedihkan.

Pengen rasanya aku balik ke masa lalu, terus aku musnahkan semua burung kepodang di dunia ini. Sial bener tu burung kepodang, coba yang lewat burung elang, nama ku pasti keren ya nggak?. Aku nggak ngerti kenapa bapak ku bisa berpikir sangat kreatif saat itu menjadikan burung kepodang sebagai inspirasinya, sekarang aku agak ngerti sih liat bapak ku yang memang agak kaku orangnya. Namun balik lagi bro, nama itu aset berharga yang di miliki tiap orang, identitas yang bakal selalu melekat di wajah dan semua anggota tubuh kita. Dan buat ku nama cuma aib yang harus disembunyikan.

Sebenarnya aku nggak habis pikir dengan nama ini. Mungkin aku bakal merasa nggak masalah ketika semua nama anak dari orang tua ku aneh semua, mungkin aku bakal ngarasa beban ini nggak ku tanggung sendiri, beban dari sebuah nama yang terasa sangat berat. namun masalahnya adalah Cuma nama ku yang agak soak. Karena menurut riset yang telah aku lakuin dari jaman majapahit hingga jaman budaya korea menyerang, nama dari saudara saudara ku itu bisa dikatakan bagus semua, nggak ada nama aneh yang terselip di nama mereka, sungguh aneh tapi nyata. Kenapa hanya aku?

Dulu aku pernah mencoba buat tanya kenapa hanya aku yang memiliki nama aneh ini, mungkin itu anugrah atau bencana. Dan pas itu ortu ku mencoba menjawab dengan, dulu ada seorang jendral yang namanya dadang, dan karena itu aku diberi nama dadang dengan tujuan agar aku bisa jadi kayak jendral itu. Padahal nggak semua orang yang punya nama dadang itu jendral.

Tentu buat ku alasan itu terasa seperti biar aku ngrasa bangga dengan nama itu, biar aku nggak complain punya nama yang lari dari jalurnya. Baru setelah aku dewasa semua terkuak, yang tadinya jendral ternyata hanya seonggok burung kepodang. Untung kepodang yang lewat bukan emprit.

Nama ini terasa seperti intimidasi terselubung yang aku rasain di dalam keluarga ku sendiri, gimana nggak, hanya aku yang punya nama agak menyimpang dari pergaulan sosial jaman sekarang. Awal kehidupan yang bisa dibilang lumayan buruk, aku ngrasa seperti elien pake nama kayak gini, ngrasa seperti tidak begitu sepesial sehingga diaksih nama apa adanya. Hmmm tapi mungkin itu Cuma perasaan ku saja, walau ternyata hal-hal aneh masih banyak mengikutiku sampai dewasa hanya karena nama.

bersambung….

2 thoughts on “Awal Mula Sebuah Nama

  1. Ngga ada yg aneh bang, nama adalah barisan huruf paling tulus dari orgtua utk buah hatinya, disana ada doa dan rasa sayangnya baang…

    Kalaupun memang tak ada “kenamaan” dengan nama abang, kenapa bukan abang yg sekarang buat nama abang jadi “sesuatu” πŸ™‚

    Semangat abang!

    Liked by 1 person

    1. haha, iya.
      aku udah mulai berdamai dengan nama itu. aku cuma berusaha menulis tentang sesuatu hal konyol yang ku rasain dulu waktu masih belum nyaman dengan nama itu. hehehe
      btw makasih udah comement πŸ™‚

      Liked by 1 person

Leave a Reply

